Jumat, 13 November 2009














SATELIT GUDE

Satelit Gude adalah istilah pelayanan luar gedung Puskesmas Tepus 1 di dusun Gude, desa Sumberwungu, Tepus. Pertamakali pelayanan ini dilakukan kurang lebih tahun 1996. Yang diawali oleh pak Eko (perawat) dan pak Murjiman (perawat Gigi). Tujuan diadakan pelayanan ini karena wilayah dusun Gude terletak paling ujung di timur laut dari wilayah Puskesmas Tepus 1 dengan medan yang jauh dari jalan raya dan dengan jalan yang terjal berbatu serta tidak ada angkutan umum yang melewatinya. Jadi masyarakat di wilayah tersebut kesulitan menjangkau ke Puskesmas Induk, jadi kita memutuskan jemput bola dengan tim dari puskesmas dengan membawa obat-obatan dan alat pemeriksaan ke dusun Gude tersebut. Pelayanan dilakukan di balai Dusun Gude.

Perkembangan selanjutnya, tim pelayanan di dusun Gude menggunakan Pusling terdiri perawat/perawat gigi, bidan, dan petugas administarasi (untuk melakukan pendaftaran dan memberi obat berdasar resep). Terkadang dokter/dokter gigi juga ikut dalam tim. Pada tahun 2005 dengan dana dari PPK (Program Pengembangan Kecamatan) kecamatan Tepus, masyarakat dengan swadaya membuat bangunan di samping balai dusun, sehingga pelayanan dapat dilakukan di tempat yang representatif, sehingga petugas yang ke dusun Gude dapat meninggalkan alat-alat pemeriksaan dan obat-obatan. Sampai saat ini pelayanan Gude masih tetap berjalan dengan pelaksana, perawat koordinator pusling dan bidan desa Sumberwungu sebagai penanggungjawab wilayah.







Gambar disamping saat masyarakat di dusun Gude dilakukan survey pelayanan publik berdasar aduan masyarakat yang dilakukan oleh petugas survey dari perwakilan masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar